kuliah full online S1

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Kuliah Full Online S1, Hindari Hal Ini!

Mungkin yang ada di bayangan anda, kuliah itu menyenangkan dan bebas, tapi sebenarnya tidak. Banyak sekali kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari, utamanya ketika anda memutuskan untuk menempuh kuliah full online S1. Dimana anda dituntut untuk mengerjakan semuanya dari rumah alias jauh dari kampus. Penasaran apa saja kesalahan yang harus dihindari? Yuk simak penjelasan berikut ini: 

  1. Tidak Memperluas Relasi 

Salah satu kekurangan ketika anda memutuskan untuk menempuh kuliah secara online di rumah yaitu kurangnya bersosialisasi dan minimnya relasi. Dengan begitu anda hanya terbatas pada orang-orang yang sama setiap harinya. 

Hal ini tidak boleh terjadi! Anda harus meminimalisir hal ini karena tidak baik untuk jenjang karir anda dimasa depan. Meskipun online anda tetap harus menciptakan relasi yang sehat dan dari semua kalangan tanpa terkecuali. 

Jangan terlalu menutup diri dengan lingkungan baru yang membuat anda menjadi terasingkan dan aneh di pandangan teman-teman kuliah. Pastikan anda bisa beradaptasi dengan baik dan menyesuaikan diri. 

  1. Tidak Mencatat Materi Yang Diberikan Dosen 

Ketika berada di dalam kelas virtual, dosen umumnya akan menyampaikan materi baik secara lisan maupun dengan menggunakan presentasi melalui slide PowerPoint. Namun, terkadang mahasiswa hanya mendengarkan penjelasan dosen tanpa mencatat informasi yang disampaikan. 

Padahal, membuat catatan selama pengajaran dapat meningkatkan retensi informasi di dalam otak dan tentunya akan lebih bermanfaat jika anda juga menggali sumber-sumber tambahan dari buku bacaan. Itulah hal yang harus diperhatikan pada kuliah full online S1.

  1. Menunda Mengerjakan Tugas Yang Diberikan 

Ternyata, pemberian tugas tidak terbatas hanya pada lingkungan sekolah. Ketika berada dalam lingkup perkuliahan, kamu akan menghadapi tugas-tugas yang lebih kompleks. Sayangnya, seringkali tugas-tugas yang diberikan oleh dosen diabaikan dan tidak segera dikerjakan oleh mahasiswa. 

Hal ini bisa berdampak buruk karena menunda pengerjaan tugas dapat menyebabkan penumpukan tugas di masa mendatang, dan jelas bahwa kebiasaan ini akan merugikan nilai akademis. Menunda tugas secara terus menerus juga akan membuat anda tidak disiplin dan tersistematis. 

  1. Tidak Aktif Mencari Informasi Magang 

Sebagian mahasiswa mungkin meyakini bahwa tujuan utama utama dalam kuliah adalah mendapatkan gelar dan langsung bekerja setelah lulus. Namun, realitas pasar kerja saat ini menekankan perlunya keunggulan dibandingkan dengan pesaing. 

Salah satu strategi untuk mencapai hal ini adalah dengan mengambil kesempatan magang. Pengalaman magang yang diperoleh dapat signifikan meningkatkan kualitas curriculum vitae (CV) anda ketika melamar pekerjaan nanti, loh!

Sekian pembahasan mengenai kesalahan-kesalahan yang harus anda hindari ketika menempuh kuliah full online S1. Dengan menghindari kesalahan ini anda bisa menjalani kuliah secara optimal dan efektif tanpa adanya kendala. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *