besi wiremesh

Pentingnya Penggunaan Besi Wiremesh Sebagai Pondasi Tahan Gempa

Setiap bangunan yang berdiri tentu butuh pondasi yang kuat agar terbentuk daya cengkeraman selama puluhan tahun. Pondasi yang kuat tidak mengandalkan hanya dengan komposisi material yang baik dan berkualitas saja tapi juga didukung dengan konstruksi dan teknik pembangunan yang tepat. Pondasi dengan besi wiremesh menjadi solusi kekuatan bangunan.

Alasan Memakai Besi Wiremesh

  1. Besi wiremesh adalah kerangka besi yang disusun kotak persegi yang menjadi dasar penopang cor semen untuk melenturkan material bangunan. Bangunan yang tahan lama, tahan gempa bukanlah bangunan yang kuat pegas dan tidak retak sama sekali melainkan bangunan yang materialnya bersifat ulet, lentur sehingga saat ada getaran gempa masih berdiri dan jika ada keretakan tidak banyak.
  2. Besi wiremesh menjadi penopang yang kokoh untuk jembatan, lantai gedung bertingkat, dak tingkat, dan jalan raya tol.
  3. Penanaman besi wiremesh dalam tanah juga membantu tekstur yang sedikit gembur agar lebih kuat terhadap getaran yang ada di sekitarnya.
  4. Besi wiremesh bisa juga digunakan sebagai penopang drainase air atau bantalan gorong-gorong agar saat terjadi aliran debit air yang sangat kuat tidak mengakibatkan kerusakan parah.

Besi wiremesh bisa dibentuk sendiri dengan memilih ketebalan besi yang diinginkan kemudian dirangkai dengan laser per bagian batang besinya.

Ketentuan Penggunaan Besi Wiremesh

Dalam pemakaian besi wiremesh ada aturan yang harus ditaati. Apabila Anda ingin memakai besi wiremesh untuk cor dak atap yang dibuat lantai 2 maka menggunakan besi wiremesh dengan ketebalan diameter 3 mm dan susunannya bisa 2 lembar. Setiap lembaran besi wiremesh dibuat bagian bawahnya kemudian bagian atasnya, bagian tengah berongga untuk semen cor. Ingat ya, ketika menyusun besi wiremesh tersebut harus memerhatikan sisi kemiringan lokasi dan pori-pori cor agar tidak terjadi rembesan air.

Ada 2 jenis besi wiremesh, yakni besi wiremesh gulungan dan besi wiremesh lembaran. Besi gulungan lebih banyak diaplikasikan untuk pondasi ringan seperti jalan desa, jalan gang yang tidak banyak diakses kendaraan terlalu tinggi. Sedangkan besi wiremesh lembaran diaplikasikan untuk pondasi berat seperti jembatan layang, jalan tol, cor dak, dinding bangunan.

Harga Besi Wiremesh

Harga besi wiremesh yang ada di pasaran terdiri dari kualitas SNI dan biasa. Untuk harga besi wiremesh SNI mulai Rp. 150 ribuan – Rp. 1,27 juta per lembar. Sedangkan untuk harga besi wiremesh gulungan SNI mulai Rp. 1,5 juta hingga Rp. 4,2 juta per roll.

Harga besi wiremesh biasa (non SNI) mulai dari Rp. 177 ribuan hingga Rp. 1,25 juta per lembar sedangkan untuk besi gulungan kisaran Rp. 1,18 juta hingga Rp. 3,67 juta per roll.

Besi wiremesh dikatakan sebuah material pokok dalam penahan beban besar dan membuat keuletan pondasi agar tahan terhadap getaran tinggi. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *