mesin kopi espresso

Ingin Membangun Bisnis Kafe, Begini Tips Membeli Espresso Machine

Mesin di balik bar kafe yang sering dioperasikan para barista sering mencuri perhatian. Akan tetapi, jarang ada yang tahu apabila mesin coffee espresso tersebut seperti napas dari sebuah kafe. Mesin ini memiliki peran penting dalam proses pengolahan kopi.

Maka dari itu, dalam memulai bisnis kopi yang mulai banyak digemari di masa sekarang karena banyaknya permintaan akan olahan yang satu ini. Di dunia kopi sendiri terdapat berbagai Espresso Machine dari segi bentuk, harga, dan fungsinya. Perlu Anda tahu, nih, terdapat dua tipe mesin Espresso, yaitu Espresso otomatis dan manual yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami tips ini sebelum membeli mesin Espresso!

  1. Tujuan membeli

Tentunya tujuan untuk membeli mesin ini adalah membuat kopi. Namun, dalam hal ini yang dimaksud adalah kebutuhan akan mesin tersebut untuk digunakan secara pribadi, bisnis, atau lainnya. Apabila hanya untuk kepentingan pribadi cukup Espresso kecil yang dapat membantu Anda dalam membuat kopi. Untuk di rumah Anda bisa memilih mesin Espresso delonghi, breville, wellhome, bialetti mokona, magister dan masih banyak lagi. Sementara untuk kebutuhan kantor atau kafe ada La Marzocc0 Linea OB Double Boiler atau sejenisnya. Ada pula mesin Espresso otomatis untuk Anda yang tidak ingin ribet, yaitu nespresso, Dolce Gusto, dan Juro. 

  1. Otomatis atau semi-otomatis

Setelah mempertimbangkan tujuan dan fungsi dari membeli Espresso, Anda perlu memilih mesin Espresso seperti apa yang Anda butuhkan. Apabila sudah memahami pengoperasian mesin ini, ada baiknya membeli mesin Espresso semi-otomatis. Apabila Anda ingin yang praktis dan cepat, disarankan memilih mesin Espresso otomatis. Apalagi untuk kebutuhan kantor di mana para karyawan membutuhkan yang instan dan mudah seperti Espresso otomatis itu akan sangat cocok. 

Terlebih dengan mesin Espresso otomatis Anda bisa membuat berbagai jenis minuman karena feature di dalamnya yang bisa menghasilkan Espresso, cappucino, caffe latte, hingga long black. Sementara mesin semi-otomatis cocok untuk bisnis kafe di mana mesin ini bisa membantu Anda membuat kopi dengan kenikmatan rasa yang memuaskan para pelanggan.

  1. Sesuaikan budget

Poin terpenting dari membeli mesin Espresso adalah menyesuaikan dengan budget karena bagaimanapun ketersediaan akan uang perlu dipertimbangkan untuk kelancaran membelinya. Sekadar informasi, mesin Espresso otomatis harganya mulai dari satu jutaan. Sementara mesin semi-otomatis harganya mulai dari harga 3 jutaan. Dalam hal ini, kekuatan memengaruhi harga mesin. Di mana semakin tinggi kekuatannya maka semakin mahal harganya. 

Nah, itulah 3 tips yang perlu dipertimbangkan dalam membeli Espresso Machine sebelum memutuskan untuk memilih mesinnya. Tentu saja, Anda perlu memikirkan penggunaan mesin tersebut nantinya sehingga bisa disesuaikan dengan tujuan serta fungsinya. Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan jenis mesin dan budget yang perlu disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *