dokter gigi spesialis anak bogor

Jaga Kesehatan Gigi dengan Rutin ke Dokter Gigi Spesialis Anak Bogor

Gigi berlubang, peradangan gusi, hingga keterlambatan pertumbuhan gigi menjadi penyebab masalah gigi pada anak-anak. Kebiasaan salah yang sering dilakukan anak seperti mengisap jempol, menggigit bibir, sampai menggigit kuku membuat susunan gigi menjadi tidak rapi. Setiap permasalahan tersebut dapat dideteksi sejak dini dengan periksa ke dokter gigi spesialis anak bogor.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Lakukan cara-cara berikut ini agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga:

  1. Hindari Kebiasaan Minum dengan Botol Dot

Jangan biasakan anak menyesap botol dot. Latih anak untuk langsung minum dengan gelas. Botol dot akan membuat gigi anak menjadi renggang-renggang.

  1. Rutin Menggosok Gigi Sesudah Makan dan Sebelum Tidur

Tidak cukup menggosok gigi dua kali sehari. Biasakan juga anak untuk rutin menggosok gigi sesudah selesai makan dan sebelum tidur. Sehingga sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dapat hilang dan tidak menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

  1. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Anak-anak suka sekali dengan es krim, permen, kue, dan apapun yang memiliki rasa manis. Gigi akan mudah berlubang dengan jenis makanan tersebut. Sehingga Anda harus jeli untuk memilih jenis makanan dan minuman yang aman untuk kesehatan gigi.

Tips Memilih Sikat Gigi Khusus untuk Anak

Selain rutin ke dokter gigi spesialis anak terdekat, pemilihan sikat gigi untuk anak-anak juga harus diperhatikan, di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Pilih Sikat Gigi Bertekstur Halus

Pilihkan sikat gigi yang memiliki tekstur bulu sikat yang halus. Tujuannya agar bulu sikat tidak merusak email gigi.

  1. Pilih Gagang Sikat Gigi Ukuran Besar

Anda sebaiknya memilihkan ukuran gagang sikat gigi yang besar. Sehingga anak akan mudah dalam menggenggam sikat gigi. Anak pun akan lebih mudah mengarahkan sikat ke seluruh bagian rongga-rongga mulut ketika menggosok gigi.

  1. Pilih Sesuai Umur Anak

Meskipun memiliki desain yang lucu, belum tentu sikat gigi tersebut cocok untuk anak Anda. Sesuaikan sikat gigi dengan umurnya. Untuk anak yang masih satu tahun, pilihkan sikat gigi dengan ujung lebih kecil dan gagang yang besar.

Jika Anda kesulitan memilihkan sikat gigi untuk anak, maka dapat meminta saran dari dokter gigi spesialis anak bogor. Biasanya dokter gigi spesialis anak bogor juga akan membantu Anda memilihkan jenis pasta gigi yang aman untuk anak. Tentu saja untuk pasta gigi sebaiknya yang memiliki kandungan fluoride jika sudah berusia di atas 18 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *