construction site

Mengenal Besi Plat Strip Dan Fungsinya

Besi plat strip merupakan salah satu material yang sering digunakan dalam konstruksi. Keberadaannya sangat membantu karena besi plat dapat digunakan untuk banyak hal. Untuk orang awam mungkin masih bertanya-tanya mengenai besi plat strip dan fungsinya. Berikut ini beberapa hal tentang besi plat yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Sekilas Tentang Besi Plat Strip

Memilih besi plat bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang awam. Apalag jika tidak mengetahui jenis dan fungsinya. Untuk kebutuhan konstruksi, besi jenis ini biasanya berbentuk lembaran plat dengan permukaan yang halus dan rata.

Selain itu, bentuk besi plat untuk konstruksi bangunan juga berbentuk kotak. Dari segi material, bahan dasar pembuatan besi plat terdiri dari besi, karbon, silikon, nikel, krom, molybdenum yang bersifat kokoh. Penggunaan besi plat sendiri tidak hanya untuk konstruksi bangunan, tapi juga diperlukan untuk konstruksi jalan yang dilewati alat berat. Terutama untuk kawasan dengan kondisi tanah yang tidak stabil.

Penerapan Besi Plat Strip Pada Konstruksi

Penggunaan besi plat strip pada konstruksi bangunan sangatlah beragam. Baik untuk keperluan rumah tangga maupun konstruksi bangunan industri. Beberapa contoh penggunaan besi plat yang sederhana adalah seperti berikut:

  • Penerapan Pada Pintu

Salah satu penggunaan besi plat pada konstruksi hunian bisa dijumpai di bagian pintu. Besi plat yang kokoh dan kuat dapat dijadikan trails pintu maupun jendela. Bahkan, materialnya yang tidak mudah rusak juga cocok digunakan pada area garasi.

  • Penerapan Pada Bangunan

Ada beberapa bagian dari suatu bangunan yang menggunakan besi plat. Selain area pintu, besi plat juga kerap digunakan pada tangga. Pengguna besi ini bertujuan untuk mencegah terjadinya licin yang bisa menyebabkan orang terpeleset.

  • Pada Alat Transportasi

Nyatanya, besi plat tidak hanya digunakan pada konstruksi bangunan saja. Besi plat juga kerap digunakan pada alat transportasi, misalnya pada bak mobil pick up. Kerangka besi yang begitu kuat dan kokoh menjadikannya banyak diminati di berbagai sektor.

Itu tadi sekilas tentang besi plat strip dan fungsinya yang harus diketahui.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *