Contoh distributor baja ringan

Distributor Baja Ringan: Kelebihan dan Cara Pemasangan Baja Ringan

Baja ringan banyak digunakan sebagai pengganti kayu dan bambu untuk pembuatan rangka atap rumah. Tidak heran kebutuhan baja ringan semakin kesini semakin banyak. Oleh karena itu, pilihlah distributor baja ringan terpercaya. Simak penjelasannya pada uraian berikut! 

Kelebihan Menggunakan Baja Ringan 

Menggunakan baja ringan untuk rangka atap bangunan mempunyai berbagai kelebihan, yaitu : 

  1. Tahan Rayap dan Karat 

Baja ringan sangat berbeda dengan bambu dan kayu, hal ini membuat baja ringan tahan rayap dan korosi. Baja ringan terbuat dari bahan logam Galvalum anti karat. Dengan menggunakan bahan ini, baja ringan lebih menguntungkan daripada penggunaan kayu dan bambu.

  1. Harga Bersahabat 

Distributor Baja ringan biasanya memberikan harga yang lebih mahal daripada kayu, tapi sekarang kayu dan bambu semakin langka. Hal ini membuat kayu dan bambu harganya melonjak naik. Tidak heran banyak orang beralih ke baja ringan. 

  1. Gampang Proses Pemasangan 

Kelebihan penggunaan baja ringan yaitu mudah dipasang. Terlebih proses pemasangan lebih cepat serta biayanya lebih murah daripada memasang atap kayu. 

  1. Kuat dan Lentur 

Baja ringan lebih lentur daripada baja konvensional. Karena menggunakan tegangan tarik baja yang mencapai 550 Mpa, sementara baja konvensional hanya menggunakan 300 Mpa. Sifatnya yang lentur menjadikan baja ringan bisa menahan kestabilan bangunan daripada kayu. 

  1. Material Dapat Didaur Ulang 

Material pembuatan baja ringan dapat digunakan kembali dalam proses pembangunan bangunan lain. Sehingga, ketika Anda ingin bongkar bangunan, rangka baja ringan dapat dibongkar dan dipasang kembali. 

Pemasangan Baja Ringan Atap

Pemasangan baja ringan lebih mudah daripada kayu dan bambu, bahkan prosesnya juga cepat. Inilah cara pemasangan baja ringan yang benar: 

  1. Hitung Terlebih Dahulu Kebutuhan Baja Ringan 

Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan baja ringan. Lakukan dengan proses perhitungan volume atap rumah serta membuat gambar kerja. 

  1. Membuat Struktur Pendukung 

Selanjutnya Anda harus melakukan proses pemasangan yang meliputi pembuatan struktur pendukung. Bentuknya kolom agar posisi rangka atap baja tetap stabil. 

  1. Hitung Luas Lahan yang Ditutupi 

Kemudian hitung luas lahan yang ingin Anda tutupi. Proses perhitungan ini adalah panjang kali lebar dari kawasan yang nanti akan ditutupi kanopi. Hal ini penting untuk memperkirakan pemasangan kuda-kuda antar tiang atap tersebut. 

Jangan menggunakan tiang rangka yang terlalu tinggi, gunakan ukuran sekitar 3-4 cm. Rangka baja yang dipasang di tiang harus berdampingan dengan 2 lapis yang tegak lurus, 1 sebelah kiri dan 1 lagi sebelah kanan. Tujuannya supaya bisa membuat bobot atap dengan kuat. 

  1. Hitung Kemiringan Baja Ringan 

Kemiringan yang dianjurkan yakni 25-30 derajat agar air hujan tidak menggenang di atas atap. Jika menggunakan baja ringan spandek, gunakan jarak 60 cm antara satu seng dengan yang lain. 

  1. Hitung Jumlah Beban 

Tujuan perhitungan ini untuk menentukan kuatnya kuda-kuda. Biasanya pemasangannya menggunakan angkur atau dynabolt di kedua tumpuannya.

Bagi Anda yang ingin mencari distributor baja ringan terpercaya, bisa mempercayakan kepada Kami.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *