Mengenal Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis merupakan salah satu dari jenis besi hollow yang telah dikenal, bahkan juga menjadi material yang sering digunakan dalam dunia konstruksi. Pada kesempatan kali ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal lebih dalam tentang besi hollow galvanis.

Asal Kata Besi Hollow Galvanis

Kata galvanis atau galvanisasi dari nama besi hollow galvanis berasal dari nama dua orang yaitu Alessandro Volta dan juga Luigi Galvani.

Dua orang tersebut adalah orang Italia yang berprofesi sebagai ilmuwan. Keduanya dikenal karena berhasil menemukan apa saja sifat dari elektrokimia seng.

Besi hollow galvanis juga dikenal dengan beberapa sebutan lain misalnya besi kotak galvanis, pipa hollow galvanis, pipa kotak galvanis atau holo galvanis.

Apa Karakteristik Dari Sebuah Besi Hollow Galvanis?

Sama seperti besi lainnya, besi hollow galvanis juga memiliki karakteristiknya sendiri yaitu tahan terhadap korosi serta punya warna yang lebih cerah.

Lapisan yang ada di dalam besi hollow galvanis bisa dibilang terdiri dari berbagai macam campuran bahan. Namun kandungan bahan yang paling banyak adalah seng atau coating zinc yang mencapai 97%. Terdapat juga unsur coating alumunium sebanyak kurang lebih 1% sedangkan sisanya adalah campuran dari berbagai unsur bahan lain.

Apa Saja Jenis Dari Besi Hollow Galvanis?

Jika dilihat dari proses galvanisasi serta jenis materialnya, maka ada dua jenis dari besi hollow galvanis. Pertama, ada besi hollow galvanis  yang dibuat dari besi hollow hitam yang telah melalui proses Hot-Dip Galvanizing atau pencelupan besi ke seng bersuhu tinggi.

Sementara jenis yang kedua adalah besi hollow galvanis yang terbuat dari plat besi galvanis dengan memakai proses Pre-Galvanizing atau besi hollow hitam yang dibentuk dari plat besi hitam.

Meski sekilas terdengar mirip,kedua metode ini sebenarnya berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Itulah dia sekilas informasi yang bisa Kami berikan untuk saat ini tentang besi hollow galvanis. Semoga bisa menambah wawasan Anda yang sedang mencari informasi tentang besi tersebut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *