Cara Merawat Ice Machine Agar Tetap Awet

Cara perawatan ice machine yang tidak sesuai tentu akan mempengaruhi kinerja mesin dan es yang akan dihasilkan nantinya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara merawat mesin pembuat es agar tetap awet dan menjamin kualitas es yang dihasilkan.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat mesin pembuat es kamu agar tetap awet dan juga menghasilkan es yang tetap terjaga kualitasnya.

Rutin Membersihkan dan Menyikat Mesin 

Walaupun bahan utama pembuatan es adalah air dan tidak memerlukan bahan lain, namun tetap saja kondisi mesin harus benar – benar bersih. Untuk membersihkannya, rutinlah untuk menyikat bagian mesin dengan sikat baik di bagian dalam maupun luarnya.

Kamu bisa mengecek dan juga membersihkan mesin setiap sebulan sekali walaupun tidak digunakan sekalipun. Rutin mengecek mesin juga untuk mengetahui dan mencegah adanya kebocoran pipa.

Selalu Cek Es Batu Yang Dihasilkan

Salah satu cara untuk mengetahui apakah ice machine bekerja dengan optimal atau ada kesalahan pada mesinnya adalah dengan mengecek hasil es batunya.

Kamu bisa mengecek produktivitas mesin dalam membuat es batu. Tinggi atau tidaknya jumlah produksi es batu ini bisa menjadi salah satu indikator jika mesin mengalami kendala.

Selain itu juga kamu bisa mengecek kualitas es yang dihasilkan. Jika mengalami perubahan pada produksi esnya, itu menandakan bahwa ada kesalahan pada mesin.

Perhatikan Tempat Meletakkan Mesin

Penting bagi kamu untuk meletakkan ice machine ditempat yang sejuk. Karena jika kamu meletakkan mesin ditempat yang cukup sering tersinari matahari dan bahkan terbilang cukup panas maka akan mengganggu produktivitas dan kinerja mesinnya.

Rutin Membersihkan Rangka Mesin

Walaupun menggunakan air bersih, percikkan air yang tidak terkontrol dan bahkan tidak dibersihkan tentu saja lama kelamaan akan membuat rangkanya berkarat. Tidak hanya rutin membersihkan mesin, rangkanya juga perlu untuk dibersihkan.

Gunakanlah lap kain yang lembut seperti kain fiber yang mudah menyerap air untuk membersihkan percikkan air yang membuat bagian di sekitar rangka mesin basah. Ini dilakukan tidak hanya untuk mencegah pengaratan, tetapi juga mencegah adanya lumut yang mungkin saja ada di rangka mesin es.

Perhatikan Selalu Kestabilan Tegangan Listrik

Menggunakan mesin pembuat es ini memerlukan tegangan listrik tertentu. Oleh karena itu, cek selalu kestabilan tegangan listrik kamu. Jika tegangan listrik saat menggunakan mesin ini tidak stabil, mungkin tidak akan terjadi masalah untuk sekali atau dua kali pemakaian.

Namun jika terus menerus mengalami kondisi tegangan listrik yang tidak stabil, tentu saja membuat mesinnya cepat rusak. Jika kamu khawatir mungkin saja listrik dirumah kamu atau ditempat kamu menggunakan mesin ini akan anjlok, sebaiknya gunakanlah stabilizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *