hasil akhir setelah pemasangan implan gigi

Mengenal Jenis-Jenis Pemasangan Gigi Palsu Permanen

Pemasangan implan gigi permanen bukan lagi hal tabu di kalangan masyarakat karena sudah menjadi salah satu metode yang digunakan untuk mengganti gigi asli yang patah ini menjadi solusi dari berbagai masalah. Bukan perihal menambah apik penampilan, tetapi dalam kesehatan tentu ini dibutuhkan apalagi saat kegiatan yang melibatkan gigi. Kehilangan satu gigi bisa menjadi kekosongan yang bisa melukai gusi kapan saja, maka dari itu tak perlu heran apabila ada yang memutuskan melakukan pemasangan gigi palsu permanen.

Pemasnagan implan gigi sendiri adalah salah satu metode yang biasa dipilih untuk menggantikan gigi asli yang sudah tanggal. Dalam hal ini, Anda tidak perlu risau karena di masa sekarang pemasangan gigi palsu permanen jauh lebih mudah karena ada berbagai jenis gigi palsu yang akan kita ulas. Eits, tapi sebelum itu perlu mengenal lebih dulu apa itu gigi palsu permanen.

Pengertian dari gigi palsu permanen adalah jenis gigi palsu atau tiruan yang dipasang secara permanen di rahang, serta memiliki fungsi menggantikan fungsi gigi asli yang telah hilang atau copot. Tidak bisa dipungkiri apabila seseorang bisa saja kehilangan giginya karena beberapa hal. Ya, perlu dipahami apabila pemasangan gigi palsu tidak hanya untuk alasan keindahan semata, ada alasan lain seperti memperbaiki fungsi gigi sebagai pengunyah makanan, dan lainnya. Perlu diketahui, apa saja jenis dari gigi palsu permanen, antara lain: 

  1. Dental Crown

Dental crown atau bisa disebut crown gigi merupakan jenis gigi palsu permanen yang dimanfaatkan untuk menutupi gigi asli yang telah rusak. Terdapat berbagai jenis gigi palsu permanen jenis ini mulai dari yang berbahan dasar logam, keramik/porselen, resin, hingga stainless steel. Sementara pemasangannya dilakukan dengan membentuk jaringan gigi serta mencetak gigi dengan bahan khusus yang disesuaikan dengan bentuk, warna, hingga posisi gigi di sampingnya. 

  1. Dental bridge

Seperti namanya yang berarti jembatan gigi, dental bridge merupakan gigi palsu permanen yang berbentuk seperti jembatan. Perlu diketahui apabila dental bridge umumnya bertahan antara 5-7 tahun, bisa juga bertahan sampai 15 tahun asal pengguna rajin merawatnya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Biasanya gigi jenis ini dibagi menjadi tiga bahan dasarnya, mulai dari traditional bridge, maryland bonded bridge, dan cantilever bridge.

  1. Dental implant

Dental implant merupakan akar gigi tiruan yang ditanam di tulang rahang guna menopang maupun menahan gigi palsu yang ditempatkan di atasnya. Selain itu, dental implant merupakan jenis gigi palsu yang mempunyai bentuk mirip sekrup Umumnya, gigi palsu jenis ini terbuat dari titanium kokoh yang ditanam dalam tulang rahang dengan cara operasi. Sehingga dental implant memiliki prosedur pemeriksaan, pemasangan gigi, pencangkokan tulang rahang, hingga pemasangan implan gigi, dan lainnya.

Nah, demikianlah ketiga jenis dari gigi palsu, sebelum pemasangan implan gigi permanen Anda perlu memperhatikan mana jenis yang cocok sesuai kebutuhan. Ketiganya bisa diawali dengan pemeriksaan apakah cocok dengan gigi, maka dari itu Anda bisa meminta rekomendasi dari dokter.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *