bangunan dengan gabungan besi

Mengenal Besi CNP dan Penggunaannya di Dunia Bangunan!

Kebutuhan akan besi dalam sebuah bangunan tentulah sangat penting, akan tetapi tidak semua orang tahu apa saja jenis besi. Padahal perlu diketahui untuk memutuskan memilih besi mana yang cocok untuk konstruksi bangunan. Salah satunya besi cnp yang terdengar asing bagi orang awam, besi ini merupakan salah satu material yang mempunyai peran penting di dunia bangunan konstruksi sampai fabrikasi. Sehingga tidak jarang pedagang besi jual besi CNP.

Perlu diketahui, besi yang menjadi komponen vital dalam dunia bangunan ini tak lain karena ketahanan serta kekuatan baik yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan besi cnp terbuat dari bahan hasil pembentukan plat coil. Dengan bahan penyusun sejenis baja atau galvalum yang dilapisi krom di permukaannya ini membuat besi jenis ini tahan lama dan kuat. Selain itu, banyak kegunaan besi ini dalam dunia industri, antara lain:

  1. Sebagai kerangka atap

Bangunan perkotaan yang menjulang tinggi dan besar, tak lain gedung, pabrik, dan masih banyak lagi akan menggunakan besi jenis ini. Untuk kerangka atap, tentu membutuhkan kekuatan sebaik besi cnp. Kekuatan dari besi yang satu ini pun tidak perlu diragukan lagi karena sudah terkenal tahan lama dan kuat, sehingga Anda tidak perlu untuk memilihnya sebagai kerangka atap.

  1. Sebagai Purlin

Purlin adalah bahan yang bentuknya menyerupai balok dudukan dan berguna untuk menutup atap. Tak jarang orang memilih besi ini untuk dijadikan purlin, mengingat purlin sendiri membutuhkan besi yang mampu menopang beban berat di atasnya seperti besi cnp.

  1. Sebagai pagar bangunan

Pagar membutuhkan besi yang kokoh, kuat, dan tahan lama sehingga besi kanal cnp menjadi pilihan yang tepat. Banyak bangunan yang membutuhkan pagar sebagai pengaman, berada di luar rumah tentu konstruksi yang satu ini juga harus tahan cuaca dan lainnya. Maka dari itu, besi kanal C disarankan untuk digunakan sebagai pagar bangunan pabrik maupun gudang karena sangat kokoh dan kuat, dengan begitu bisa memberikan tingkat keamanan sesuai.

  1. Sebagai penutup dinding

 Jika dilihat lagi dinding dengan penutup atau ditutup dengan sesuatu seperti logam, nah logam yang menempel di dinding tersebut adalah besi kanal C. Banyak orang yang menggunakan besi ini sebagai penutup dinding karena kekuatan dan ketahanannya yang mampu menjaga dinding tetap kokoh dalam waktu lama.

Demikianlah penggunaan besi cnp dalam dunia bangunan yang banyak di temukan di tempat jual besi CNP, eits tidak lupa pula jika besi ini dimanfaatkan pula sebagai bahan material untuk sebuah komponen arsitektur. Sebab, besi ini mempunyai kekuatan serta ketahanan yang baik. Mengingat materialnya berasal dari baja serta dibentuk dari mesin canggih, tentu besi ini mempunyai struktur kuat dan aman untuk diaplikasikan pada bahan bangunan. Kini, tempat jual besi CNP pun hadir dalam berbagai jenis dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *