kertas yang dipakai percetakan digital printing di jakarta barat

5 Jenis Mesin Percetakan Digital Printing yang Banyak Digunakan

Percetakan digital printing di jakarta barat adalah bisnis yang tengah digemari saat ini, mengingat tingginya kebutuhan masyarakat atas percetakan satuan maupun off-set. Namun, masyarakat awam menganggap bahwa mesin cetak itu sama saja.

Padahal, dalam dunia digital printing adalah berbagai jenis mesin yang digunakan. Setiap mesin memiliki hasil cetak yang berbeda. Berikut adalah berbagai mesin cetak yang banyak digunakan untuk bisnis digital printing :

1. Sablon DTG atau Sablon Digital

Untuk proses cetak di bahan kain atau kaos, maka digunakan mesin sablon DTG atau lebih umum dikenal dengan nama sablon digital. Mesin ini banyak digunakan karena tingginya permintaan kaos dengan berbagai motif di dunia fashion.

Tidak hanya itu, biaya operasional mesin ini juga terbilang murah. Hasil cetaknya sangat bagus dan cepat dengan menggunakan Neo Pigmen Kornit.

2. Flatbed Printing

Perlu mencetak di permukaan yang lebar dan luas? Maka, para pengguna tidak bisa menggunakan alat cetak biasa. Perlu mesin printing digital khusus yang bernama flatbed printing. Mesin ini memang dikhususkan untuk media yang tebal dengan permukaan luas.

Misalnya, untuk akrilik, kaca, bahan kayu dan berbagai bahan lainnya. Dengan teknik cetak ini, gambar yang dicetak bisa bertahan cukup lama di atas permukaan yang tebal.

3. Cetak Digital Offset

Jenis mesin percetakan digital printing di jakarta barat selanjutnya adalah digital offset. Mesin ini adalah pilihan yang ideal untuk menghasilkan cetakan berbagai jenis kertas dalam jumlah banyak. Tidak hanya jenis kertas, mesin ini juga bisa mencetak di berbagai ukuran kertas.

Mulai dari A4 sampai dengan A0 untuk berbagai kebutuhan cetak. Jenis mesin ini terbilang yang paling banyak digunakan untuk keperluan bisnis.

4. Mesin Cetak Plotter

Jika media cetak sangat lebar dan tidak bisa dicetak sekaligus, maka diperlukan mesin cetak plotter. Mesin ini adalah andalan untuk mencetak berbagai media promosi seperti spanduk, banner, dan berbagai media promosi lainnya.

Agar hasil cetak bertahan lama mesin ini menggunakan tinta dye atau pigment. Kemudian, warna dikeraskan dengan sinar UV. Proses percetakan dengan mesin ini relatif cepat bergantung dengan besar cetakan yang diinginkan.

5. Printer Inkjet

Printer inkjet terbilang mesin print yang cukup sederhana, tidak hanya digunakan untuk bisnis. Mesin ini juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari kantor bahkan di rumah.

Walaupun begitu, cukup ideal menggunakan mesin ini untuk bisnis percetakan. Karena harganya yang terjangkau, mesinnya yang awet, dan ditambah lagi hasil cetaknya yang bagus. Tidak heran jika banyak pelaku UMKM yang menggunakan mesin ini.

Itulah berbagai jenis mesin percetakan digital printing di jakarta barat yang banyak digunakan. Jika ingin memulai bisnis di bidang percetakan. Salah satu jenis mesin di atas mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *