the kitchen cleaning

Cara Membersihkan Deep Fryer yang Baik dan Benar

Saat ini mulai bermunculan perusahaan yang jual deep fryer bagi usaha kuliner di Indonesia. Deep Fryer ini merupakan salah satu solusi dalam memasak banyak sekaligus pada satu waktu yang cepat efisien dan efektif. Menjaga deep fryer selalu dalam kondisi yang baik dan bersih adalah salah satu jalan mempromosikan kualitas masakan dan menjadikan deep fryer lebih awet dan tahan lama.

Cara Membersihkan Deep Fryer

Agar nantinya Deep Fryer yang Anda miliki bisa lebih awet dan tahan lama, maka bisa mengikuti tata cara membersihkannya yang baik dan benar di bawah ini:

  1. Pastikan Deep Fryer dalam keadaan yang off dan biarkan minyak berada di kondisi yang dingin. Jika minyak sudah di dinginkan hingga 150ºF baru tiriskan minyak keluar dari Deep Fryer tersebut. Selanjutnya bersihkan dengan menggunakan sebuah handuk atau kertas.
  2. Gosok dengan perlahan sisi deep fryer electric agar bisa menghapus noda apa saja yang menempel dari makanan maupun minyak dengan memakai kawat pembersih berbahan stainless. Baru bersihkan dengan memakai handuk maupun kertas.
  3. Isikan air ke tingkat minyak dan tambahkan cairan pencuci piring. Hidupkan deep fryer dan biarkan cairan sabun tersebut ikut mendidih bersamaan dengan air yang di rebus dalam deep fryer. Biarkan mendidih hingga 5-15 menit, baru matikan deep fryer, cabut dan tunggu sampai larutan air menjadi dingin.
  4. Tiriskan air yang ada pada deep fryer baru kosongkan. Bilas menggunakan cuka dan air 1:9. Kemudian bilas menggunakan air yang jernih dan keringkan memakai kain bersih.
  5. Bersihkan bagian luar dari deep fryer panci dengan cara menutupinya dengan menggunakan pelarut degreasing maupun pasta yang bisa dibuat dengan baking soda dan air. Diamkan 5-10 menit, bilas memakai kain basah maupun handuk kertas hingga benar-benar kering.

Cara Memilih Deep Fryer yang Paling Tepat

Ketika Anda akan memilih mesin mini Deep Fryer akan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain:

  1. Kapasitas tangki

Pastikan kapasitas tangki sesuai dengan produksi Anda setiap harinya. Semakin banyak makanan yang di produksi semakin besar juga kapasitas tangki yang diperlukan.

  1. Bahan bakar yang digunakan

Deep Fryer ini nantinya akan ada yang menggunakan bahan bakar gas dan listrik. Jika menggunakan yang berbahan bakar gas akan cocok untuk produksi di sebuah pameran, stand atau diluar rumah. Sedangkan untuk listrik bisa digunakan di dalam rumah dengan catatan daya listrik yang dimiliki cukup besar.

  1. Memiliki garansi

Sebelum memutuskan membeli Deep Fryer adalah garansi yang dimiliki. Garansi ini nantinya akan sangat bermacam-macam. Biasanya akan terdiri dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Pilih yang paling lama, selain itu cari produk yang mempunyai toko di berbagai daerah dan memiliki teknisi yang sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *